Minggu, 06 Januari 2013

Jawaban Soal Kemanan Informasi


1.    Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.
Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita bisa juga diartikan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data.
Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
Perbedaannya adalah jika Steganografi pesannya tersembunyi sedangkan Kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan.
2.      Steganografi Masa Lalu :
·         Steganografi sudah dikenal oleh bangsa Yunani. Herodatus, penguasa Yunani, mengirim pesan rahasia dengan menggunakan kepala budak atau prajurit sebagai media. Dalam hal ini, rambut budak dibotaki, lalu pesan rahasia ditulis pada kulit kepala budak. Ketika rambut budak tumbuh, budak tersebut diutus untuk membawa pesan rahasia di balik rambutnya
·         Bangsa Romawi mengenal steganografi dengan menggunakan tinta tak-tampak (invisible ink) untuk menuliskan pesan. Tinta tersebut dibuat dari campuran sari buah, susu, dan cuka. Jika tinta digunakan untuk menulis maka tulisannya tidak tampak. Tulisan di atas kertas dapat dibaca dengan cara memanaskan kertas tersebut.
Steganografi Masa Kini :
·         Saat ini steganografi semakin penting peranannya terutama dalam industri publikasi dan broadcasting, dimana tanda copyright yang tersembunyi atau nomer serial sangat dibutuhkan dalam film digital, foto, dan produk multimedia lainnya. Beberapa aplikasi steganografi dapat memindai Internet, dan mendeteksi adanya salinan dari suatu citra yang spesifik, atau adanya modifikasi terhadap citra yang dipublikasikan tersebut – maka penggunaan ilegal atas citra yang memiliki copyright dapat dideteksi
Kriptografi Masa Lalu :
·         Tentara Sparta di Yunani pada permulaan tahun 400 SM. Mereka menggunakan alat yang namanya scytale. Scytale terdiri dari sebuah kertas panjang dari daun papyrus yang dililitkan pada sebuah silinder dari diameter tertentu (diameter silender menyatakan kunci penyandian). Pesan ditulis secara horizontal, baris per baris. Bila pita dilepaskan, maka huruf-huruf di dalamnya telah tersusun secara acak membentuk pesan rahasia.
Kriptografi Masa Kini :
·         Kehidupan kita saat ini dikelililingi oleh kriptografi. Kriptografi sudah digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari penarikan uang di ATM, penggunaan kartu kredit, penggunaan kartu cerdas, percakapan dengan telepon genggam, password komputer, televisi, transaksi e-commerce di internet, gedung-gedung bisnis, sampai pada pengaktifan peluru kendali dan bom nuklir.
3.      Elemen dari Enkripsi :
·         Algoritma Enkripsi dan Dekripsi
·         Kunci yang digunakan dan panjangnya kunci
·         Plaintext adalah pesan atau informasi yang akan dikirimkan dalam format yang mudah dibaca atau dalam bentuk aslinya.
·         Ciphertext adalah informasi yang sudah dienkripsi.
4.      Kunci adalah cara khusus bagaimana suatu algoritma mentransformasikan teks terang (plaintext) menjadi teks tersandi (ciphertext), ataupun proses sebaliknya (disebut dekripsi).
5.      Frequency Analysis : Cara untuk mendekripsi dengan menganalisa statistik dari frekuensi huruf yang muncul dimotori oleh Al-Kindi sebagai salah seorang jagoan statistik. Cara ini biasanya digunakan dengan menganalisa terlebih dahulu chipertext apabila beberapa informasi lain (seperti bahasa yang digunakan) dapat diketahui.
6.      Pesan : xnynh znh nzna cnxnv raxevcfv ohat
       Jawabannya yaitu : "kalau mau aman pakai enkripsi bung"
7.    Algoritma yang di pakai di soal no. 6 adalah algoritma ROT 13, dan termasuk ke dalam enksripsi Caesar Chiper.
8.      Program sederhana enkripsi algoritma ROT13 dalam C++ :
#include<stdio.h>
#define ROT 13

int main(void)
{
      int c,e;

      while((c=getchar())!=EOF)
      {
            if(c >='A' && c <='Z')
            {
                  if((e = c + ROT) <= 'Z')
                        putchar(e);
                  else
                  {
                              e = c - ROT;
                        putchar(e);
                  }
            }
            else if(c >='a' && c <='z')
            {
                  if((e= c + ROT) <= 'z')
                        putchar(e);
                  else
                  {
                        e = c - ROT;
                        putchar(e);
                  }
            }
            else
                  putchar(c);
      }

return 0;
}


Agen Bola online Agen Bola online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Tutorial Vicahya' - Just Sharing © 2012 | Template by Bamz Display Pagerank